Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru

E-mail Print PDF

POLA SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO TAHUN AKADEMIK 2013/2014

A. COMPUTER BASED TEST (CBT)

Computer Based Test (CBT) atau yang dikenal dengan nama One Day Service adalah salah satu tes penerimaan mahasiswa baru berbasis komputer. Pola seleksi CBT tidak berlaku bagi calon mahasiswa yang salah satunya memilih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), karena harus melalui jalur Paper Based Test (PBT). Calon mahasiswa baru yang berminat langsung datang mendaftar dan kemudian langsung melakukan tes ujian masuk dan setelah tes selesai langsung pengumuman hasil tes. Tes dilaksanakan di Kampus Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Apabila pada kesempatan pertama tidak lolos seleksi, maka calon mahasiswa dapat mengikuti CBT lagi maksimal 3 kali.

 

Prosedur Pendaftaran CBT

  1. Calon mahasiswa menuju loket Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru untuk mengambil Formulir Identitas Pendaftar.
  2. Mengisi Formulir Identitas Pendaftar.
  3. Menyiapkan persyaratan pendaftaran, yaitu :
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
  • Fotocopi KTP sebanyak 2 lembar.
  • Pasfoto hitam putih/berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar.
  • Fotokopi  ijazah SMA/MA/SMK/Sederajat yang sudah dilegalisir atau fotokopi kartu pelajar/kartu UAN/raport sebanyak 1 lembar bagi siswa yang lulus tahun ini.*)

4.  Mengikuti tes CBT.

5.  Menunggu hasil tes.

B. PAPER BASED TEST (PBT)

Paper Based Test (PBT) adalah salah satu seleksi tes masuk bagi calob mahasiswa baru Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo yang diselenggarakan dengan menggunakan soal dalam bentuk print out (lembar kertas). PBT hanya dilaksanakan bagi calon mahasiswa baru yang memilih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Seleksi lewat jalur PBT dilaksanakan setiap bulan sekali pada hari Sabtu terakhir mulai jam 08.00 – 10.00. Apabila pada kesempatan pertama tidak lolos seleksi, maka calon mahasiswa dapat mengikuti PBT lagi maksimal 3 kali.

Prosedur Pendaftaran PBT

1. Calon mahasiswa menuju loket Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru untuk mengambil Formulir Identitas Pendaftar.

2. Mengisi Formulir Identitas Pendaftar.

3. Menyiapkan persyaratan pendaftaran, yaitu:

a) Biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

b) Fotocopi KTP sebanyak 2 lembar.

c) Pasfoto hitam putih/berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar

d) Fotokopi  ijazah SMA/MA/SMK/Sederajat yang sudah dilegalisir atau fotokopi kartu pelajar/kartu UAN/raport sebanyak 1 lembar bagi siswa yang lulus tahun ini.*)

4. Mengikuti tes PBT sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

5. Pengumuman hasil tes akan dilaksanakan 7 hari setelah mengikuti PBT yang hasilnya dapat dilihat di veteranbantara.ac.id dan melalui surat panggilan serta di papan pengumuman yang tersedia.

C. JALUR  KERJASAMA

Jalur Kerjasama adalah salah satu pola seleksi penerimaan mahasiswa baru yang hanya diberikan kepada siswa-siswa dari SMA/MA/SMK/Sederajat yang sekarang duduk di kelas XII dan akan lulus pada tahun 2013 yang merupakan Mitra Kerjasama Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Para siswa dari sekolah mitra dapat langsung diterima tanpa melalui Tes Seleksi baik CBT/PBT dengan ketentuan nilai raport mulai semester 1 – 5 rata-rata minimal 7,5 dan tidak memilih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Prosedur Pendaftaran :

1. Calon mahasiswa menuju loket Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru untuk mengambil Formulir Identitas Pendaftar.

2. Mengisi Formulir Identitas Pendaftar.

3. Menyiapkan persyaratan pendaftaran, yaitu:

a. Biaya pendaftaran sebesar Rp 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

b. Fotocopi KTP sebanyak 2 lembar.

c. Pasfoto hitam putih/berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar.

d. Surat pengantar atau rekomendasi dari Sekolah.

e. Fotokopi sertifikat bukti prestasi akademik maupun non akademik (sebagai pendukung) yang dilegalisasi (kalau ada).

f. Fotokopi  ijazah SMA/MA/SMK/Sederajat yang sudah dilegalisir atau fotokopi kartu pelajar/kartu UAN/raport sebanyak 1 lembar bagi siswa yang lulus tahun ini.*)

4. Verifikasi data dan seleksi administrasi

5. Mengikuti PBT bagi yang memilih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

6. Pengumuman hasil seleksi.

D. WAKTU PENDAFTARAN

Waktu pendaftaran mahasiswa baru dibagi dalam 2 (dua) gelombang, yaitu :

1. Gelombang Pertama mulai 5 Maret – 29 Juni 2013.

2. Gelombang Kedua mulai 2 Juli – 31 Agustus 2013

(khusus untuk Program Studi PGSD hanya sampai tanggal 24 Agustus 2013).

E. JADWAL PELAKSANAAN PAPER BASED TEST

Pelaksanaan Paper Based Test bagi yang memilih Program Studi PGSD dilaksanakan secara berkala setiap bulan satu kali pada hari Sabtu terakhir dimulai pada pukul 08.00 – 10.00 WIB. Khusus untuk masa pendaftaran gelombang pertama (periode Maret-Juni) pelaksanaan PBT dilaksanakan setiap dua bulan satu kali PBT.

Jadwal lengkap PBT adalah sebagai berikut :

NO

PERIODE PENDAFTARAN

WAKTU TES SELEKSI

1

Maret – April 2013

Sabtu, 27 April 2013

2

Mei – Juni 2013

Sabtu, 29 Juni 2013

3

Juli 2013

Sabtu, 27 Juli 2013

4

Agustus 2013

Sabtu, 31 Agustus 2013

Last Updated ( Thursday, 25 April 2013 21:24 )  
You are here: Home