Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo

Menuju Sarjana Plus

E-mail Print PDF

Ipteks bagi Kewirausahaan di Univet Bantara Sukoharjo

MENUJU SARJANA PLUS

Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo  pada tahun 2014 ini kembali melaksanakan program Ipteks bagi Kewirausahaan (IbK) dengan dukungan dari Ditlitabmas Dikti. Kegiatan pada tahun 2014 ini merupakan tahun ketiga dari tiga tahun rencana pelaksanaan. Program ini pada mulanya direncanakan sejalan dengan peningkatan jumlah mahasiswa reguler yang cukup signifikan dan diikuti pula dengan peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan PKMK dan PKM Pengabdian Masyarakat baik yang didanai Dikti maupun Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Adanya suatu wadah untuk mengembangkan minat dan kegiatan mahasiswa di bidang kewirausahaan dipandang sangat tepat dan salah satu cara yang ditempuh adalah melalui program Ipteks bagi Kewirausahaan (IbK).

Program ini bertujuan: (a)  menciptakan wirausaha baru mandiri yang berbasis ipteks, (b) meningkatkan keterampilan manajemen usaha bagi masyarakat industri, dan (c) menciptakan metode pelatihan kewirausahaan yang cocok bagi mahasiswa PKMK/PKM lainnya/mahasiswa yang sedang merintis usaha/alumni wirausaha. Selain itu juga dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi aktif perguruan tinggi dalam mengembangkan enterpreneurship di kalangan generasi muda.

Metode yang diterapkan meliputi (1) Pelatihan manajemen bisnis, (2) Achievement motivation training (AMT), (3) kunjungan dan konsultasi usaha, (4) Magang pada lembaga mitra, (5) Pola pembimbingan (6) Pengawasan terhadap tenant yang dilakukan oleh dosen pembimbing dan Instruktur dari lembaga mitra, (7) Teknik pembiayaan usaha tenant, (8) Pola pemberian bantuan teknologi, dan (9) Penyelesaian masalah usaha.

Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa program ini setiap tahunnya diminati oleh sedikitnya 30 mahasiswa dan kegiatannya diikuti oleh 20 orang mahasiswa (tenant) yang memenuhi persyaratan. Selama 3  tahun terdapat 171 orang mahasiswa yang berminat mengikuti kegiatan namun tidak seluruhnya memenuhi syarat sebagai tenant. Tenant IbK berasal dari 5 Fakultas serta 18 Program Studi yang ada. Sampai dengan tahun ketiga (2014) tim pelaksana program  IbK di Univet Bantara Sukoharjo telah melatih sebanyak 71 orang tenant dan dari jumlah tersebut telah menjadi wira usaha baru sebanyak 30 tenant.  Dari jumlah tersebut pada tahun pertama (2012) terdapat 13 tenant yang berwirausaha dalam 6 kelompok usaha. Tahun kedua (2013) terdapat 10 orang tenant yang menjadi wira usaha dalam 5 kelompok usaha, dan pada tahun ketiga (2014) terdapat 7 orang tenant dan tergabung dalam 5 kelompok usaha.  Bidang usaha terbanyak adalah kuliner atau produksi makanan. Tenant yang sampai dengan tahun ketiga ini belum menjadi wira usaha, sebagian magang di perusahaan-perusahaan sebagai karyawan atau tenaga lepas dan sebagian lagi belajar membuat produk yang diminati dan berpotensi pasar secara mandiri.

Selain divasilitasi oleh Ditlitabmas Dikti, kegiatan ini juga didukung oleh adanya kerjasama dengan beberapa lembaga mitra yang bertindak sebagai : (a) tempat magang usaha bagi tenant, (2) pemberi pelatihan pembuatan produk, (c) penyedia kesempatan bagi tenant untuk berkonsultasi tentang rencana usahanya, dan (d) pemberi pelatihan teori manajemen bisnis. Beberapa lembaga mitra yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain : (a) Perusahaan RYM T-Shirt & Rafan Toys di Solo, (b) Perusahaan Roti GANEP di Solo, (c) Perusahaan roti DIKO di Solo, dan (d) CV. Palem An Nuur di Sukoharjo, dan (d) CV. Analta Jaya Karanganyar.

Last Updated ( Thursday, 26 June 2014 09:31 )  

Support Kami



Saturday, 18 November 2017 02:18:35

Advertisement

Featured Links:

Pengunjung Online

We have 109 guests online

Jumlah Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter

Statistik Website

Members : 5
Content : 222
Web Links : 9
Content View Hits : 20112445
You are here: Home Publikasi Agenda Agenda Universitas Menuju Sarjana Plus