Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi di FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)

E-mail Print PDF

Profil

Sejak diberlakukannya desentralisasi pendidikan, peningkatan mutu pendidikan dan pengembangan tenaga kependidikan sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi. FKIP Universitas Veteran Bantara adalah lembaga yang banyak melahirkan tenaga kependidikan dalam rangka meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan. Para lulusan FKIP Universitas Veteran Bantara telah terbukti mampu bersaing dalam dunia kerja di bidang tenaga kependidikan, birokrasi kependidikan, lembaga kependidikan dan sejumlah BUMN.

Salah satu cara yang dilakukan FKIP Universitas Veteran Bantara adalah bekerjasama dengan instansi-instansi terkait, seperti Pusat Pengembangan Penataran Guru tertulis Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, mengadakan elektronik training, yaitu pendidikan dan latihan jarak jauh dengan penggunaan teknologi informasi (internet).

A. Sejarah Singkat FKIP

Sejarah keberadaan FKIP Univet Bantara Sukoharjo tidak lepas dari sejarah lahirnya Univet Bantara Sukoharjo itu sendiri. Univet Bantara Sukoharjo, merupakan sebuah lembaga perguruan tinggi yang pada awalnya merupakan sebuah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP), yang secara resmi bernama IKIP veteran Sukoharjo. IKIP Veteran Sukoharjo tersebut berdiri sejak 28 Maret 1968.

Dengan tujuan mengikuti perkembangan pendidikan sesuai dengan tuntutan zaman dan perkembangan pendidikan issu pada saat itu, maka sejak tahun 1993 IKIP veteran Sukoharjo berubah menjadi sebuah Universitas. Semua jurusan program studi yang ada dimasukkan dalam satu fakultas, yang bernama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). FKIP merupakan salah satu fakultas dari tujuh fakultas yang dimiliki Univet Bantara Sukoharjo ( Berdasar SK Dirjen Dikti No. 36/D/O/1993 tertanggal 20 April 1993). Dengan demikian, sejak tahun 1993 tersebutlah FKIP berdiri.

Sampai saat ini FKIP Univet Bantara mengelola 11 ( sebelas) program studi, dan kesemua program studi di lingkungan FKIP telah terakredirtasi olen Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ( BAN-PT).

B. Visi, Misi dan Tujuan

Visi

Dalam sejarah perkembangannya, FKIP Univet Bantara Sukoharjo pada awalnya adalah suatu lembaga bernama Institut dan ilmu pendidikan (FKIP) Veteran Sukoharjo. Sejak berdirinya IKIP, lembaga ini secara konsisten berkiprah dalam dunia pendidikan. Namun demikian , setelah melewati kurun waktu yang cukup panjang tidak berarti FKIP ajeg saja dalam kegiatannya, tetapi senantiasa selalu mengikuti dan menanggapi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan tuntutan masyarakat. Bahkan sebaliknya perubahan dan dinamika yang inisiatif dan mengembangkan pendidikan/ pembelajaran. Dengan karakter seperti itu dan dengan segenap sumber daya yang dimiliki, FKIP Univet Bantara Sukoharjo menetapkan visi, sebagai berikut :

Sebagai pusat unggulan pencetak tenaga kependidikan yang profesional dan mempunyai nilai kejuangan tinggi.

Misi

FKIP Univet Bantara Sukoharjo memiliki misi sebagai berikut :

1. Menyelenggarakan Pendidikan untuk menyiapkan tenaga kependidikan yang memiliki karakter.

2. Menyiapkan tenaga kependidikan yang mempunyai nilai kejuangan tinggi.

3. Menyiapkan tenaga kependidikan yang menguasai teknologi informasi dan pembelajaran

4. Melakukan perbaikan secara berkelanjutan untuk menjamin kualitas penyelanggara program dan kualitas lulusan sehingga mampu meningkatkan citra pendidikan di masyarakat.

Tujuan

1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional serta berkarakter.

2. Mewujudkan Fakultas yang berkualitas sederajat dengan PT lain di Indonesia.

3. Mewujudkan Fakultas yang memiliki keunggulan dalam bidang pendidikan.

4. Menjadikan seluruh Jurusan dan/atau Program Studi (PS) terakreditasi dari peringkat B menjadi A, oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ( BAN-PT).

5. Mewujudkan terselenggaranya proses pendidikan dan pelatihan yang terbuka, bersih dan berwibawa.

6. Mewujudkan terselenggaranya proses pendidikan dan pelatihan yang bertanggungjawab dan bermutu tinggi.

7. Menghasilkan SDM yang berkualitas dan berintegrasi tinggi memenuhi tuntutan relevansi dan pemerataan.

8. Membentuk jaringan kemitraan dan kerjasama dengan sesama PT dan instansi pemerintah/swasta, dalam dan/atau luar negeri.

 

Program Studi

  1. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia [ profil | icon Data Kurikulum (34.55 kB) ]
  2. Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah / Bahasa Jawa [ profil ]
  3. Pendidikan Bahasa Inggris [ profil ]
  4. PPKn [ profil ]
  5. Pendidikan Sejarah [ profil ]
  6. Pendidikan Geografi [ profil ]
  7. Pendidikan Matematika [ profil ]
  8. Pendidikan Biologi [ profil ]
  9. Psikologi Pendidikan dan Bimbingan [ profil ]
  10. Teknologi Pendidikan [ profil ]
  11. Pendidikan Guru Sekolah Dasar [profil]

Laboratorium Pendukung

  1. Laboratorium Microteaching
  2. Laboratorium MIPA dan Fisika Dasar
  3. Laboratorium Matematika
  4. Laboratorium Sejarah
  5. Laboratorium Multimedia/ Internet
  6. Laboratorium Bahasa
Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE

A. Sejarah Singkat FKIP

Sejarah keberadaan FKIP Univet Bantara Sukoharjo tidak lepas dari sejarah lahirnya Univet Bantara Sukoharjo itu sendiri. Univet Bantara Sukoharjo, merupakan sebuah lembaga perguruan tinggi yang pada awalnya merupakan sebuah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP), yang secara resmi bernama IKIP veteran Sukoharjo. IKIP Veteran Sukoharjo tersebut berdiri sejak 28 Maret 1968.

Dengan tujuan mengikuti perkembangan pendidikan sesuai dengan tuntutan zaman dan perkembangan pendidikan issu pada saat itu, maka sejak tahun 1993 IKIP veteran Sukoharjo berubah menjadi sebuah Universitas. Semua jurusan program studi yang ada dimasukkan dalam satu fakultas, yang bernama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). FKIP merupakan salah satu fakultas dari lima fakultas yang dimiliki Univet Bantara Sukoharjo ( Berdasar SK Dirjen Dikti No. 36/D/O/1993 tertanggal 20 April 1993). Dengan demikian, sejak tahun 993 tersebutlah FKIP berdiri.

Sampai saat ini FKIP Univet Bantara mengelola 11 ( sebelas) program studi, dan kesemua program studi di ligkungan FKIP telah terakredirtasi olen Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ( BAN-PT), kecuali program studi PGSD yang baru tahun 2011 ini operasional.

B. Visi, Misi dan Tujuan

Visi

Dalam sejarah perkembangannya, FKIP Univet Bantara Sukoharjo pada awalnya adalah suatu lembaga bernama Institut dan ilmu pendidikan (FKIP) Veteran Sukoharjo. Sejak berdirinya IKIP, lembaga ini secara konsisten berkiprah dalam dunia pendidikan. Namun demikian , setelah melewati kurun waktu yang cukup panjang tidak berarti FKIP ajeg saja dalam kegiatannya, tetapi senantiasa selalu mengikuti dan menanggapi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan tuntutan masyarakat. Bahkan sebaliknya perubahan dan dinamika yang inisiatif dan mengembangkan pendidikan/ pembelajaran. Dengan karakter seperti itu dan dengan segenap sumber daya yang dimiliki, FKIP Univet Bantara Sukoharjo menetapkan visi, sebagai berikut :

Sebagai pusat unggulan pencetak tenaga kependidikan yang profesional dan mempunyai nilai kejuangan tinggi.

Misi

FKIP Univet Bantara Sukoharjo memiliki misi sebagai berikut :

1. Menyelenggarakan Pendidikan untuk menyiapkan tenaga kependidikan yang memiliki karakter.

2. Menyiapkan tenaga kependidikan yang mempunyai nilai kejuangan tinggi.

3. Menyiapkan tenaga kependidikan yang menguasai teknologi informasi dan pembelajaran

4. Melakukan perbaikan secara berkelanjutan untuk menjamin kualitas penyelanggara program dan kualitas lulusan sehingga mampu meningkatkan citra pendidikan di masyarakat.

Tujuan

1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional serta berkarakter.

2. Mewujudkan Fakultas yang berkualitas sederajat dengan PT lain di Indonesia.

3. Mewujudkan Fakultas yang memiliki keunggulan dalam bidang pendidikan.

4. Menjadikan seluruh Jurusan dan/atau Program Studi (PS) terakreditasi dari peringkat B menjadi A, oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ( BAN-PT).

5. Mewujudkan terselenggaranya proses pendidikan dan pelatihan yang terbuka, bersih dan berwibawa.

6. Mewujudkan terselenggaranya proses pendidikan dan pelatihan yang bertanggungjawab dan bermutu tinggi.

7. Menghasilkan SDM yang berkualitas dan berintegrasi tinggi memenuhi tuntutan relevansi dan pemerataan.

8. Membentuk jaringan kemitraan dan kerjasama dengan sesama PT dan instansi pemerintah/swasta, dalam dan/atau luar negeri.

Last Updated ( Monday, 07 July 2014 08:56 )  

Support Kami



Wednesday, 30 July 2014 11:58:53

Pengunjung Online

We have 242 guests online

Jumlah Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter

Statistik Website

Members : 5
Content : 92
Web Links : 9
Content View Hits : 1744311
You are here: Home Program Studi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan