Universitas Bangun Nusantara Sukoharjo

Berita Rektorat

Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Peternakan pada Fakultas Pertanian Universitas Bangun Nusantara

E-mail Print PDF

Pada hari Kamis, 27 Maret 2014 Pukul 08.30 yang bertempat di Auditorium Universitas Veteran Bangun Nusantara disampaikan pengukuhan Guru Besar Oleh Prof. Dr. Ir. Ali Mursyid Wahyu Mulyono, M.P dengan judul “Potensi Limbah Pertanian Sebagai Alternatif Pengganti Jagung Dalam Ransum Unggas “. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sukoharjo serta seluruh jajaran yang ada di Kabupaten Sukoharjo khususnya.

Dalam Sambutannya, Prof Ali menyampaikan Bahwa Ternak Unggas merupakan salah satu komoditas penghasil protein hewani yang murah dan sangat populer di masyarakat. Posisi strategis komoditas produk ternak unggas di Indonesia, yakni daging dan telur menjadi ajang pertarungan berbagai kepentingan. Pasang surut perkembangan industri perunggasan di Indonesia tidak lepas dari perseteruan politik dan ekonomi. Krisis moneter Tahun 1997-1998 dan kasus blow up peritaan flu burung pada manusia adalah contoh nyata perang kepentingan yang berimbas pada perkembangan industru perunggasan nasional.

Sisi lain kerentanan industri perungaasan di Indonesia adalah ketahanan pakan unggas yang di dukung dengan kemandirian pakan. Salah satu bahan pakan yaitu jagung, pemakaiannya dalam ransum sangat tinggi namun ketersediaannya saat ini tergantung pada pasokan impor. Pencarian bahan alternatif sebagai bahan pengganti jagung adalah solusi yang bisa ditawarkan. Meskipun tidak bisa menggantikan keseluruhan jagung dalam pakan unggas, limbah pertanian merupakan alternatif yang potensial secara produksi maupun nutritif.

Keterbatasan limbah pertanian untuk dijadikan bahan pakan unggas adalah kandungan serat kasar tinggi dan protein rendah. Salah satu terobosan untuk mengatasi kendala tersebut sekaligus meningkatkan nilai nutritif limbah pertanian adalah penggunaan teknologi fermentasi, khususnya dengan memanfaatkan mikrob selulolitik.

Last Updated ( Friday, 04 April 2014 10:45 )
 

Dies Natalis Universitas Bantara Sukoharjo Ke-46

E-mail Print PDF

Pada Tahun ini Univet Bantara Sukoharjo telah Mencapai Usia ke -46, untuk memperingati  Dies Natalis ke -46 ,ada beberapa rangkaian acara yang dilaksanakan, diantaranya :

Agenda Acara Dies Natalis ke-46 dan Wisuda Periode 1 Maret 2014

1.  Seksi Kegiatan Ilmiah

Hari Sabtu, 22 Maret 2014, mengadakan Lomba Karya Ilmiah remaja Tingkat SMU/SMK/MA Se Eks Karesidenan Surakarta.

2. Seksi Dies Natalis ( Pengukuhan Guru Besar)

Hari Kamis, 27 Maret 2014, menggelar Acara Dies Natalis ke-46 dan Pengukuhan Guru Besar An. Prof. Dr. Ir. Ali Mursyid WM, M.P.

3. Seksi Sosial dan Silaturahmi

  1. Rabu,  19 Maret 2014, mengadakan Acara donor Darah
  2. Kamis, 20 Maret 2014, melakukan Ziarah ke makam Alm. Bp. Drs. Soenaryo AS ( makam Ngepakan sukoharjo ) dan dilanjutkan ke makam Karanganyar
  3. Jum’at, 21 Maret 2014, melakukan Silaturahmi ( kunjungan ) ke rumah para pendiri/ perintis YPPP Veteran Sukoharjo An. Ibu Soenaryo AS, Bp. Soeroso dan Ibu Mursidi
  4. Jum’at, 28 Maret 2014, mengadakan pembagian sembako gratis ke warga sekitar Univet yang layak untuk menerima
  5. Senin, 31 Maret 2014, memberikan bantuan ke Panti Asuhan yatim “ Miftahul Jannah” Sukoharjo

6. April 2014, memberikan beasiswa anak – anak lingkungan Univet ( SD, SMP & SMA)

4. Seksi Olah Raga

  1. Minggu, 23 Maret 2014, mengadakan jalan sehat keluarga ( Dosen, karyawan, Warga sekitar Univet + keluarga)
  2. April – Mei  2014, mengadakan lomba futsal & bola volley tingkat SMU /SMK Se Eks karesidenan Ssurakarta

5. Seksi Kegiatan Mahasiswa

Hari Sabtu – Minggu , 22-23 Maret 2014, mengadakan Bakti alam Mapala GAN Uivet di Tlogo Dlingo Tawangmangu, Karanganyar

Dies Natalis kali ini dihadiri oleh, semua sivitas academia UNIVET  dan beberapa tamu undangan Antara lain Ketua Dewan Pembina YPPP Veteran Sukoharjo, Ketua Umum YPPP Veteran Sukoharjo , Ketua dan Wakil Ketua Dewan Penyantun, Koordinator Kopertis Wilayah VI, Rektor Universitas Sebelas Maret dan Bp. Bupati Sukoharjo.

Dalam kesempatan tersebut,  Rektor Univet Bantara  ( Prof. Dr. H. Trisno Martono) melaporkan pencapaian Univet Bantara  pada tahun terakhir ini yaitu Univet bantara  telah memiliki 19 Program Studi S1, 1 program Pascasarjana. Catatan terakhir tahun ini jumlah mahasiswa mencapai 8000 mahasiswa.

Acara Puncak peringatan Dies Natalis ke-46 Univet Bantara diselenggarakan pada hari Kamis, 27 Maret 2014, selkaligus acara pengukuhan guru bersar An. Prof. Dr. Ir. Ali Mursyid WM, M.P . Acara ditutup dengan makan siang bersama dengan seluruh karyawan Univet Bantara dan tamu undangan.

Last Updated ( Saturday, 05 April 2014 11:48 )
 

Kegiatan MAKRAB Mahasiswa Baru Univet Tahun 2013

E-mail Print PDF

Kampus Jombor-Pada hari Kamis sampai dengan hari Sabtu (20 September – 22 September 2012) minggu kemarin Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo, mengadakan Masa Pengakraban (MAKRAB) Mahasiswa baru tahun akademik 2012/2013. Acara tersebut berlangsung di Bumi Perkemahan Rama-Sinta Prambanan, diikuti oleh sekitar 1100 mahasiswa. Turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan ntersebut antara lain; Pembantu Rektor III, Drs. Lies Sudibyo, MH., Kepala Biro Administrasi Umum Dr. Suwarto, Biro Kemahasiswaan Drs. Suyahman, M.Si,  serta seluruh dekan di lingkungan Univet Bantara.

Dari 1100 mahasiswa dibagi menjadi 72 kelompok dengan perincian laki-laki 25 kelompok, dan perempuan 47 kelompok, setiap kelompok berjumlah antara 15-16 orang. Kegiatan selama Makrab antara lain; Out bond, Pemahaman dan Kegiatan HMJ, Game antar kelompok dan Gita Wisata. Materi dan kegiatan yang diberikan semuanya bertujuan mendorong mahasiswa untuk lebih saling mengenal dan menjadi akrab.

Menurut Ketua Panitia Gatot Sulistyo, Tema Makrab yang diusung tahun ini adalah “Satu Univet untuk Satu Indonesia”, tema ini merupakan reaksi positif terhadap kondisi bangsa Indonesia saat ini, walaupun kita berbeda-beda suku, bahasa, ideology dan keyakinan namun kita tetap satu Bangsa Indonesia, mahasiswa Univet menyerukan satu suara untuk Indonesia.  Selain itu tema ini juga sesuai dengan tujuan diadakannya Makrab, yaitu pertama, untuk meningkatkan saling pengertian dan kebersamaan antara pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) satu dengan HMJ lain dilingkungan Univet. Kedua, Lebih meningkatkan keakraban antar mahasiswa satu fakultas maupun antar fakultas.(Yt-Hr)

 

KUNJUNGAN DOSEN UNIVET BANTARA KE UPSI

E-mail Print PDF

Pada hari Senin sampai dengan hari Jum’at, tanggal 25 Juni – 28 Juni 2012 yang lalu rombongan Dosen Universitas Veteran Bangun Nusantara mengadakan kunjungan ke Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Perak Malaysia. Jumlah romobongan 24 orang terdiri dari Pembantu Rektor I dan III, 5 Dekan dari Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, FKIP, FISIP, FKM dan Sebelas Ketua Program Studi FKIP.

Kunjungan tersebut dalam rangka menindaklanjuti atau kunjungan balasan atas kedatangan Prof. Dr. Hariri dari UPSI pada tanggal 31 Mei 2012 yang lalu. Menurut PR I Univet selaku pimpinan rombongan kunjungan ke Malaysia menyampaikan, diadakannya pertemuan-pertemuan tersebut merupakan proses persiapan MOU yang akan ditandatangani pada bulan September 2012 di Univet Bantara Sukoharjo.  Bersamaan dengan penandatanganan MOU akan dilaksanakan seminar Internasional dan pentas Seni dua Negara, Malaysia dan Indonesia.

Beberapa kegiatan jangka menengah dan jangka panjang yang akan dilakasanakan bersama antara lain:

  1. Pendirian Pusat Studi Komparasi Pendidikan yang berkedudukan di Universitas Veteran Bangun Nusantara. Pusat studi ini merupakan embrio kerjasama antara beberapa Perguruan Tinggi yang berada di Negara Korea Selatan, Jepang, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.
  2. Pertukaran Dosen, dan mahasiswa, antara  Perguruan Tinggi yang berada di Negara Korea Selatan, Jepang, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.
  3. Kerjasama dalam bidang penerbitan Jurnal Internasional diantara Perguruan Tinggi yang berada di Negara Korea Selatan, Jepang, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.
  4. Kerjasama studi lanjut dosen,  dalam bentuk pemberian beasiswa bagi dosen Univet yang studi di Malaysia. (Yt-Hr)
 

PERESMIAN GEDUNG PUSAT KEGIATAN MAHASISWA

E-mail Print PDF

Kampus Jombor: Ketua umum YPPP Veteran telah meresmikan Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa pada hari Senin tanggal 28 Januari 2013. Gedung yang memiliki dua lantai tersebut akan ditempati oleh sekitar 10 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara), antara kain: UKM Paduan Suara dan Musik, UKM Kerohanian (Agama Islam, Katholik dan Protestan), UKM Pecinta Alam, UKM Ju Jitsu, UKM Pramuka, Dema, BEM dll. Dalam sambutannya Ketua Umum YPPP Veteran Dr. Subagyo Brotosejati, M.Pd, menyambut baik telah terealisasinya pembangunan gedung pusat kegiatan mahasiswa, ini merupakan awal untuk selanjutnya akan di bangun sarana-prasarana lain yang akan menunjang kegiatan mahasiswa dan kegiatan seluruh civitas akademika Univet Bantara.   Sehingga ke depan Univet Bantara menjadi Universitas yang berkualitas dan dapat dibanggakan.

Rektor Univet Bantara Prof. Dr. Trisno Martono, dalam sambutannya menyampaikan selesainya pembangunan pusata kegiatan mahasiswa sebagai bukti pimpinan universitas selalu berusaha untuk memenuhi fasilitas kegiatan mahasiswa,

Dari Pihak mahasiswa yang diwakili Ketua BEM dan Ketua Dema menyampaikan terima kasih atas selesainya pembangunan gedung pusat kegiatan mahasiswa, dan berharap fasilitas yang lain dalam waktu dekat dapat di lengkapi.

Ikut hadir dalam peresmian tersebut, Selain ketua umum YPPP dan Rektor, antara lain Pembantu Rektor (PR) I, PR II, PR III Para Dekan dan pejabat structural di lingkungan Univet, serta sekitar 200 mahasiswa.

 
Page 5 of 9

Support Kami



Saturday, 18 November 2017 02:24:17

Advertisement

Featured Links:

Pengunjung Online

We have 125 guests online

Jumlah Kunjungan

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter

Statistik Website

Members : 5
Content : 222
Web Links : 9
Content View Hits : 20112460
You are here: Home Berita Online Rektorat